Belajar Membuat Poster “Flashmologi Kehidupan 2, Komunitas Pena Indonesia”

Image

Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat poster dengan Photoshop. Kebetulan saya diminta untuk membuat poster Komunitas Pena Indonesia sebuah komunitas yang bergerak di bidang tulis menulis dan social. So, sekalian saja saya buat tutorialnya. Oke langsung saja kita mulai tutorialnya.

Bahan yang dibutuhkan

gambar buku 1

gambar buku 2

texture kayu

texture rumput

batu

facebook icon

logo kompeni

Langkah 1

Adalah membuat layer baru dengan klik File-New dan berikan ukuran 1200 x 1698.

Image

Langkah 2

Menyeleksi gambar buku sebagai objek utamanya. Caranya adalah buka gambar buku bisa dari file-open dan seleksi bagian buku. Kemudian pidah bagian yang diseleksi dengan Move Tool. Dan pindah ke United-1.

Image

Image

Langkah 3

Menyeleksi gambar buku dalam almari untuk nantinya dimasukan dalam buku yang berwarna putih. Caranya adalah membuang bagian gambar yang tidak dipakai terlebih dahulu dengan klik pada Rectangular Marquee Tool. Dan hapus bagian yang saya tandai dengan warna merah.

Image

Langkah 4

Memasukan buku dalam almari kedalam buku berwarna putih. Caranya adalah klik Edit kemudian Free Transform kemudian klik pada bagian sudut gambar dan drag sambil menekan CTRL ke sudut atau pojok buku warna putih.

Image

Langkah 5

Membuat buku berwarna putih menjadi seperti kayu. Caranya adalah menempatkan layer texture kayu pada layer di atas layer buku dalam almari. Setelah itu ganti mode layer menjadi Multiply. Kemudian seleksi pada bagian buku dan klik Select-Inverse kemudian pencet delete. Penambahan texture sudah dibahas lengkap pada turorial Dasar Texture, bagi yang belum meilhat bisa buka link ini.

Image

Langkah 6

Masih terlihat aneh bukan. Hapus bagian samping buku yang tertutup texture kayu agar bentuk buku terlihat. Hapus bagian tersebut dengan menyeleksi bagian halaman buku seperti saat kita menghapus layer texture tadi hanya saja saat selesai menyeleksi kita tidak melakukan Select-Inverse.

ImageImage

Langkah 7

Pada tahap ini kita akan memberikan rumput pada bagian bawah buku. Caranya adalah masukan gambar rumput pada bawah layer buku kemudian klik Edit-Free Transform untuk membentuknya menjadi mendatar. Hampir sama seperti saat memasukan gambar buku dalam almari ke buku putih.

Image

Langkah 8

Membentuk rumput menjadi bundar. Caranya dengan melakukan Warp, jika anda masih dalam mode Free Transform anda tinggal melakukan klik kanan pada gambar rumput kemudian Warp. Jika anda sudah tidak dalam mode Free Transform, anda harus membuatnya menjadi mode Free Transfrom Terlebih dahulu. Kemudian klik pada ujung-ujungnya dan bentuk sampai bundar.

Image

Langkah 9

Pada tahap ini kita akan melakukan seleksi pada batu yang natinya akan dijadikan sebagai dasar rumput dan membuatnya seperi pulau yang terbang. Caranya adalah dengan membuka gambar batu kemudian membuat seleksi pada gambar batu seperti ini

Image

Setelah itu lakukan hal yang sama seperti saat kita memindahkan buku putih pada  tahap awal tadi. Kemudian tempatkan layer batu dibawah layer rumput dan lakukan Warping sama seperti saat kita melakukan Warping pada rumput tadi agar hasilnya sesuai dengan bentuk lingkaran rumput. Kemudian hapus pingirnya dengan sikat halus akar terilihat lebih nyata. Lakukan juga pada layer rumput.

Image

Langkah 10

Pada tahap ini kita akan membuat efek bayangan buku. Gunakan brushes halus 200 px pastikan berwarna hitam, kemudian brush pada bagian buku. Setelah itu kurangi opacitynya agar didapatkan bayangan yang nyata.

Langkang 11

Melakukan Grouping pada layer tanah dan rumput, hal ini penting untuk mempermudah kita dalam melakukan editing 2 layer atau lebih sekaligus. Caranya dengan klik kontrol dan klik layer yang akan di grouping kemudian klik pojok kanan atas (lihat gambar) dan klik Group From Layer. Beri nama group tersebut tanah rumput.

Image

Langkah 12

Membuat copyan group layer tanah rumput dan membuatnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada group tanah rumput kemudian duplicate group.  Kemudian Edit-Free Tranform dan perkecil sampai seperti gambar di bawah ini.

Image

Image

Langkah 13

Membuat atmosfir agar gambar terihat lebih hidup. Caranya dengan membuat layer baru pada layer paling atas kemudian klik Paint Bucket Tool dan blok layer dengan mengeklik pada layer baru tersebut. Pastikan warna sudah berwarna hitam.

Image

Langkah 14

Pada langkah ini kita akan membuat gambar terlihat surealis dengan mengurangi opacity layer yang kita blok dengan warna hitam tadi. Turunkan opacity layer sampai 18. Agar terlihat ada cahaya dari arah depan, maka kita harus menghapus bagian blok hitam yang menutupi cover buku dengan Easer halus 200 px.

Image

Image

Langkah 15

Menambahakan tulisan Flashmologi Kehidupan 2 dengan Text Tool. Nama sebenarnya adalah horizontal type tool tapi saya biasa menyebutnya dengan Text Tool karena biasa digunakan untuk menulis text. Tulis tulisan Flashmologi Kehidupan 2 dan atur ukurnya agar sesuai. Kemudian berikan efek iner glow pada tulisan Flashmologi Kehidupan dengan mengunakan layer style. Biasanya disimbolkan dengan huruf f kecil pada bagian bawah layer bar.Image

Langkah 16

Selanjutnya adalah menambahkah tulisan lain pada bagian atas dan logo KOMPENI pada bagian bawah serta facebook icon untuk KOMUNITAS PENA INDONESIA (KOMPENI)

Image

Langkah 17

Langkah Terakhir adalah menambahkan tanda tangan kuroneko design pada bagian pojok kanan bawah.

Image

Hasil Akhir

Image

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

About Kuroneko

I very like cats, design, and music

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: