Belajar Brushes “Membuat Retakan Part 2”

Pada tutorial kali ini saya akan memberitahu teman-teman bagaimana cara mengunakan “Brush” dalam Photoshop step by step, mulai dari memasukan (load) sampai pengunaan brushes. Tema pada tutorial kali ini adalah membuat retakan part 2 karena saya ingin memberitahu teman-teman bahwa membuat retakan bisa juga dilakukan mengunakan Brush Tool tidak hanya pada texture. Pada tutorial kali ini saya masih mengunakan wajah sebagai objeknya, tapi sebenarnya efek retakan juga bisa dilakukan pada dinding atau semua benda sesuai imajinasi anda. Oke langsung saja kita mulai

Bahan yang diperlukan dalam tutorial kali ini

Gambar objek wanita

Brushes

Langkah Pertama

Memasukan gambar dengan open file atau mendrag langsung kedalam Photoshop.

Langkah Kedua

Membuat warna menjadi keabua-abuan. Hal ini penting untuk membuat efek brush atau retakan semakin hidup. Caranya adalah dengan mengklik image-adjustment-hue/saturation. Klik pada colorize dan atur seperti pada gambar

Image

Langkah Ketiga

Memlakukan cropping pada wajah. Seperti pada tutorial yang lalu, saya hanya membutuhkan bagian wajahnya saja. Jadi saya akan melakukan cropping. Hanya saja saya akan melakukannya dengan cara yang berbeda dengan tutorial yang lalu. Jika pada tutorial yang lalu kita mengunakan Crop Tool, maka pada Tutorial kali ini saya akan mengunakan rentangle kemudian klik image-crop

Image

Image

Langkah Keempat

Membuat layer baru dengan mengeklik create new layer, setelah itu ganti nama layer 1 menjadi layer Brush dengan mengeklik dua kali pada tulisan layer 1 dan mengantinya menjadi layer Brush.

Image

Langkah Kelima

Memasukan brushes dengan Brush Load, caranya dengan meng klik brush tool pada bagian samping kiri kemudian klik segitiga kecil di bagian atas, akan ada tulisan load klik Load Brushes dan pilih brushes yang akan di masukan. Setalah itu klik Load. Brushes sudah masuk, lihat di bagian paling bawah.

Image

Image

Jika anda tidak menginginkan brushes yang diload ada bisa melakukan delete brushes dengan cara mengklik kanan pada brush yang tidak diinginkan kemudian delete.

Image

Langkah Keenam

Adalah mengatur warna brushes yang akan digunakan. Caranya dengan meng klik Foreground Color. Saya pilih warna abu-abu seperti pada gambar.

Image

Langkah Ketujuh
Adalah mengunakan Brushes, caranya pilih brushes yang akan digunakan, atur diameternya dan klik pada bagian yang diinginkan.

Image

Saya menempatkan brushes tersebut pada bagian jidat. Lihat apa yang terjadi pada gambar

Image

Hasil akhir tutorial ini

ImageBerikut ini adalah berbagai macam brushes. Brushes sangat beragam dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Masih banyak lagi macam brushes yang ada dan dapat anda gunakan.

Image

Anda bisa mendownload brushes sesuai kebutuhan yang anda inginkan di web ini

www.brusheezy.com

www.brushesdownload.com

Oke selesai sudah tutorial kali ini, semoga bermanfaat

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Kuroneko

I very like cats, design, and music

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: